Home » , » Google Adsense

Google Adsense



Bagi para blogger, siapa yang tidak mengenal Google Adsense? Pasti mereka semua sudah familiar sekali dengan nama ini. Benar saja, karena Google Adsense adalah ladang mata pencaharian utama bagi mayoritas para blogger. Kalaupun ada seorang blogger yang belum/tidak bergabung dengan perusahaan ini, sudah dipastikan bahwa posisi blogger tersebut masih dalam tahap penantian/pengharapan untuk diterima atau bisa juga karena sudah putus asa karena sudah berulang kali diBanned.

Ketatnya seleksi oleh Google Adsense membuat bulu kudu sebagian blogger bergidik ngeri, bahkan untuk para master/mastah. Tidak heran jika para Newbie (pemula) mengalami kesulitan yang luar biasa untuk mendaftarkan akun mereka di Google Adsense. Namun jika sampai bisa lolos, banyak juga yang bisa mencicipi manisnya hidup dalam dunia Blogging.

Bagi anda yang masih baru dalam dunia Blogging, mungkin anda masih belum tahu dan sedang mencari-cari informasi mengenai penyedia jasa PPC (pay per klik) nomor 1 ini. maka di sini saya akan berusaha memberikan sedikit informasi kepada anda mengenai Google Adsense.

Markas besar Google Adsense




Google Adsense adalah salah satu cabang perusahaan yang dijalankan oleh google.inc. Adsense sendiri berfokus pada program kerjasama periklanan melalui media internet seperti blog/website. Seperti yang sudah saya sebutkan di atas bahwa tidak mudah untuk mendaftarkan akun adsense terutama bagi anda yang baru saja berkecimpung dalam dunia blogging. Saya akan mengutip pepatah lama yang mengatakan bahwa “ sangat sulit untuk merebut kemerdekaan, namun lebih sulit lagi mempertahankannya.” Nampaknya makna dari pepatah ini juga berlaku pada saat anda berkecimpung dalam dunia Adsense. Bagi anda yang sudah berhasil bergabung, janganlah anda merasa lega dulu karena sewaktu-waktu bisa saja pihak adsense membanned akun anda (kasaranya memecat anda) secara sepihak jika anda melanggar T.O.S, bahkan tidak sedikit juga para blogger yang merasa tidak pernah melanggar T.O.S namun masih terkena ganasnya banned dari Google.





Bagi siapapun yang sudah diterima oleh Adsense, Maka anda sudah bisa dikatakan sebagai pihak Publisher. Sebagai Publisher, anda sudah bisa menayangkan unit iklan dari google dalam blog/ situs yang anda kelola. Unit iklan ini bisa anda dapatkan dalam akun adsense anda yang biasanya berupa gadget/widget yang bisa langsung anda copas dengan mudah. Adapun bentuk iklan dan materinya sudah ditentukan oleh google, biasanya isi materi iklan ini menyesuaikan dengan apa yang dicari oleh pengunjung blog anda (isi materi iklan bisa berubah-ubah sesuai minat dan lokasi pengunjung).




Keuntungan yang bisa anda dapatkan sebagai publisher adalah anda bisa mendapatkan pemasukkan berupa dollar setiap kali ada pengunjung yang mengklik unit iklan yang telah anda pasang. Sistem inilah yang selanjutnya kita kenal dengan sistem PPC (Pay Per Clik = di bayar setiap kali ada yang mengklik iklan). Jangan pernah sekalipun anda mengklik iklan anda sendiri walaupun tanpa disengaja atau punya pikiran untuk mengerahkan teman/saudara/siapapun untuk mengklik iklan anda, karena sudah bisa dipastikan jika anda melakukan hal tersebut maka pihak google akan langsung membanned akun anda. Jangan tanya bagaimana caranya mereka bisa tahu, karena mereka pasti tahu. Lebih baik biarkan berjalan secara alami dan berusaha memperbanyak konten yang berkualitas untuk meningkatkan jumlah pengunjung (visitor). Dengan banyaknya jumlah pengunjung maka kesempatan iklan anda diklik akan semakin besar.



Selain menyediakan layanan iklan Pay per Click Google Adsense juga menyediakan layanan Adsense for Search (Adsense untuk Pencarian) dan Referral (iklan arahan). Melalui Adsense for Search publisher dapat memasang kotak pencarian google di halaman blog/situs mereka. Dalam menggunakan layanan ini, posisi penempatan kotak pencarian sangat menentukan banyaknya pengunjung mempergunakan layanan ini. Sama dengan Unit iklan PPC, jika ada pengunjung yang menggunakan layanan kota pencarian lalu kemudian mengklik hasil pencarian maka blogger juga akan memperoleh pemasukkan. Biasanya para blogger meletakkan kota pencarian ini dibawah Tab website mereka. Posisi ini biasanya sangat menguntungkan para blogger, karena banyak sekali visitor yang terjebak mengklik kata pencarian karena mengira bahwa kata tersebut adalah salah satu dari menu tab website. Pada iklan arahan, pemilik situs akan menerima pemasukan setelah klik pada iklan berlanjut dengan tindakan tertentu oleh pengunjung yang telah disepakati antara Google dengan pemasang iklan tersebut.


0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.